17 Tahun Pasaman Barat Tantangan Besar Pemimpin Terpilih Bersama Generasi Muda

MARAWA News – Kabupaten Pasaman Barat adalah salah satu dari kabupaten di Sumatera Barat Indonesia. Dibentuk dari hasil pemekaran Kabupate...


MARAWANews
Kabupaten Pasaman Barat adalah salah satu dari kabupaten di Sumatera Barat Indonesia. Dibentuk dari hasil pemekaran Kabupaten Pasaman berdasarkan UU No.38 Tahun 2003. Kini sudah berusia 17 tahun.

Jika kita katagorikan, pada masa perkembangan manusia angka 17 tersebut sudah mulai memasuki masa perkembangan remaja akhir. Di mana seorang yang sudah mempunyai tujuan hidup yang jelas dan kemandirian dalam hidupnya.

Bicara potensi, Pasaman Barat mempunyai sumber daya alam (SDA) yang sangat luar biasa. SDA terbesar pada sektor perkebunan kelapa sawit, jeruk manis, pertanian dan salak. SDA ini terdapat di daerah dataran tinggi dengan gunung-gunung dan perbukitannya di bagian Timur Kabupaten Pasaman Barat. Sementara pada dataran rendah, dengan daerah pertanian serta kawasan pantai dan laut dengan garis pantai sepanjang lebih kurang 152 km.

Nah, ini merupakan modal dan kekuatan untuk meningkatkan ekonomi daerah. Karena mengandung potensi yang sangat menjanjikan seperti potensi ekonomi bidang pertambangan, kehutanan, perkebunan, tanaman pangan, peternakan, perikanan serta pariwisata dan potensi lainnya.

Kita mungkin tidak lupa Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 131 Tahun 2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015-2019. Di Sumatra Barat ada 3 kebupaten, dan salah satunya adalah Pasaman Barat.

Dalam Perpres tersebut kabupaten yang dikategorikan sebagai daerah tertinggal, adalah daerah yang wilayah serta masyarakatnya kurang berkembang. Standar itu dibandingkan dengan daerah lain dalam skala nasional atau di tinjau dari kriteria perekonomian masyarakat, sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana, kemampuan keuangan daerah, aksesibilitas, dan karakteristik daerah.

Hal ini sudah diikrarkan bahwasanya kebupaten Pasaman Barat pada milad ke-15 tahun yang lalu, menyatakan terlepas sebagai daerah tertinggal.

Alhamdulillah Kebupaten kita tercinta akhirnya bisa terlepas sebagai daerah tertinggal. Dan juga mulai dengan torehan prestasi-prestasi dari tingkat regional hingga nasional.

Di samping kebahagiaan torehan prestasi, tidak juga bisa terlupakan bahwasanya Pasaman barat pada MTQ Sumbar yang di laksanakan di Solok 2 tahun yang lalu bisa dinilai merosot. Di mana memperoleh peringkat 2 paling bawah.

Di Pasaman Barat juga kita mendengar adanya seorang warga yang terpaksa melahirkan di perjalanan karena sulitnya akses transportasi seperti insfratruktur jalan. Begitu pula dnegan pemekaran Nagari yang hari ini belum kunjung selesai. Tentu jika kita urai satu-persatu masalah itu pasti ada apalagi dengan usia yang masih muda remaja.

Inilah tantangan buat pasangan terpilih atau suara terbanyak sesuai ketetapan KPU, yaitu pasangan  Hamsuardi dan Risnawanto. Insyaallah menjadi Bupati Pasaman Barat. DI bahu mereka tertumpang beban untuk meningkatkan pembangunan Pasaman Barat. Baik meningkatkan Sumber Daya Alam yang ada ataupun sumber daya manusianya. Sehingga terwujud kesejahteraan untuk masyarakat sesuai apa yang diimpikan dalam visi misinya memimpin Pasaman Barat.

Satu hal penting, adalah dengan tidak melupakan generasi muda Pasaman Barat. Bagaimana juga, generasi muda perlu diikutsertakan dalam menghadapi tantangan baru di usia yang memasuki pematangan untuk kebupaten mandiri dan berprestasi.

Pasaman Barat juga memiliki anak muda yang terampil di berbagai bidang. Ini kita yakini bisa membantu menyelesaikan permasalahan yang ada. Terutama menurunkan angka kemiskinan, angka  pengangguran dengan kerjasama bergotong royong.

Pada momen HUT ke-17 Pasaman Barat, mari kita saling rangkul. Saling membantu dan melupakan masa silam yang membuat perpecahan. Pilkada sudah usai, tidak ada lagi nomor ini dan itu. Karena wujud jiwa demokrasi adalah untuk kepentingan bersama, kepentingan rakyat Pasaman Barat.

Mari kita fokus menyelesaikan tantangan ke depannya dengan semangat bersama, bergotong royong penuh inovasi dan kreativitas. (*)

Penulis: Roiz Zulhadi (Tokoh muda Pasaman Barat)

Blibli.com
 


 


Blibli.com
Nama

Daerah,66,Ekonomi,15,Hukum,15,kesehatan,9,Kriminal,8,Literasi Politik,18,Nasional,25,Nusantara,4,Olahraga,2,Opini,17,Pendidikan,14,Peristiwa,15,Politik,25,Profil,1,Teknologi,4,
ltr
item
Marawa News - Cerdaskan Literasi Warga: 17 Tahun Pasaman Barat Tantangan Besar Pemimpin Terpilih Bersama Generasi Muda
17 Tahun Pasaman Barat Tantangan Besar Pemimpin Terpilih Bersama Generasi Muda
https://1.bp.blogspot.com/-ojfb0g_B83Y/X_amMZINYgI/AAAAAAAAAgk/giIAn47MQWEP1fggCW0GWqHxwdUCrFRywCLcBGAsYHQ/w444-h284/00.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-ojfb0g_B83Y/X_amMZINYgI/AAAAAAAAAgk/giIAn47MQWEP1fggCW0GWqHxwdUCrFRywCLcBGAsYHQ/s72-w444-c-h284/00.jpeg
Marawa News - Cerdaskan Literasi Warga
http://www.marawanews.com/2021/01/17-tahun-pasaman-barat-tantangan-besar.html
http://www.marawanews.com/
http://www.marawanews.com/
http://www.marawanews.com/2021/01/17-tahun-pasaman-barat-tantangan-besar.html
true
521588651002690493
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy