Membangun Daerah Melalui Program Cerdas, Bukan Hanya Slogan

MARAWANews – Pilkada Serentak 2020 kian dekat. Pekan pertama September nanti, seluruh bakal calon kepala daerah yang diusung oleh par...


MARAWANews – Pilkada Serentak 2020 kian dekat. Pekan pertama September nanti, seluruh bakal calon kepala daerah yang diusung oleh partai politik sesuai ketentuan, akan mendaftarkan diri untuk seterusnya ditetapkan sebagai peserta Pilkada atau Calon Kepala Daerah (Cakada) oleh penyelenggara.
Melihat waktu yang makin sempit, tentu saja masyarakat secara tidak langsung terbawa ke dalam suasana politik yang mulai hangat di mana-mana. Hal itu menjadi indikator bahwa warga negara ini begitu peduli pada prosesi pemilihan pemimpin mereka.
Di lain pihak, adanya media informasi, turut pula menambah memanasnya perbincangan dan diskusi-diskusi warga. Bukan saja media pemberitaan yang diikat dengan aturan perundangan pers, juga turut disemarakkan dengan kehadiran media-media berbagi video seperti Youtube dan lainnya. Hal ini berdampak secara positif bagi warga, untuk melihat dan mencermati sosok calon-calon pemimpin yang akan mereka pilih di tanggal 9 Desember 2020 sebagai waktu pencoblosan yang ditetapkan KPU RI.
Masyarakat dalam hal ini calon pemilih, dapat melihat bagaimana kapasitas pemikiran dari seorang bacalon dalam menyikapi dan memberikan buah pikirnya terhadap suatu masalah serta aspirasi yang disampaikan warga. Dari sini pula, akan terlihat sejauhmana kecerdasan bacalon yang layak tampil sebagai pemegang amanah rakyat lima tahun ke depan.
Diskusi-diskusi bersama warga yang dishare ke media sosial, baik oleh bacalon beserta timnya maupun oleh pembuat konten, harus kita acungi jempol. Karena dengan demikian, masyarakat dapat menyaksikan gerak-gerik, bahasa tubuh, dan alur pemikiran dari yang bersangkutan.
Ada yang terbata menjawab pertanyaan, ada yang menjadi penilai bobot pertanyaan saja dengan mengatakan “ini pertanyaan yang bagus sekali,’ tapi menjawab dengan narasi yang tidak nyambung. Pertanyaan ke Barat, jawabannya ke Timur, tidak bertemu rueh jo buku kata orang Minangkabau.
Ketiadaan program kadang juga bisa terlihat dari narasi yang dibangun oleh bacalon. Tanpa konsep yang jelas, menyebutkan bagaimana mengatasi pengangguran. Mengatakan dengan ringan bahwa perlunya seorang kepala daerah yang punya koneksi luas sebagai jaminan untuk memajukan daerah. Hal ini adalah gambaran dari tidak adanya konsep yang matang.
Kita dapat pula melihat, bagaimana bacalon yang terus membangun kedekatan dengan masyarakat dalam rangka menjemput aspirasi sesuai kebutuhan warga. Masukan dan aspirasi tersebut, disalurkan melalui tim profesional untuk seterusnya disusun dalam sebuah program yang matang dan terukur. Tidak ngambang, tidak pula hanya sekedar pencitraan yang jelas saja berakibat pembodohan masyarakat.
Karena itu, dalam suksesi kepemimpinan di manapun, peran serta tim ahli sangat dibutuhkan. Adanya tim yang bekerja untuk menyusun, meramu, dan mengemas program dengan baik, adalah gambaran kinerja yang terukur dari bacalon.
Namun tentunya tidak serta-merta begitu saja, walau harus dibayar mahal, tim ahli yang dipekerjakan tersebut akan membuat kemasan program menjadi lebih matang dengan jalan mendiskusikannya bersama bacalon. Ini adalah bentuk koalisi pemikiran yang nantinya tersambung ke dalam rencana pembangunan jangka pendek dan menengah setelah bacalon memenangkan pemilihan.
Oleh sebab itu, mari bijak melihat, mencermati, dan mendiskusikan perbaikan daerah yang lebih baik, dengan membuka pemikiran, membuka mata lebih luas, karena dunia ini dipenuhi orang-orang hebat yang bisa diajak bekerjasama.
Penulis: Nova Indra – Dir. Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Blibli.com
Blibli.com
Nama

Daerah,48,Ekonomi,15,Hukum,15,kesehatan,1,Kriminal,8,Literasi Politik,17,Nasional,24,Nusantara,4,Olahraga,2,Opini,17,Pendidikan,13,Peristiwa,7,Politik,25,Profil,1,Teknologi,4,
ltr
item
Marawa News - Cerdaskan Literasi Warga: Membangun Daerah Melalui Program Cerdas, Bukan Hanya Slogan
Membangun Daerah Melalui Program Cerdas, Bukan Hanya Slogan
https://1.bp.blogspot.com/-8M8cfiiTHwM/X1i9nP26cXI/AAAAAAAAAKA/OqaGW7ILQQQXooW7-7hCPN7YIg-zKWQMgCLcBGAsYHQ/s400/01%2BNova%2BIndra.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-8M8cfiiTHwM/X1i9nP26cXI/AAAAAAAAAKA/OqaGW7ILQQQXooW7-7hCPN7YIg-zKWQMgCLcBGAsYHQ/s72-c/01%2BNova%2BIndra.jpg
Marawa News - Cerdaskan Literasi Warga
http://www.marawanews.com/2020/09/membangun-daerah-melalui-program-cerdas.html
http://www.marawanews.com/
http://www.marawanews.com/
http://www.marawanews.com/2020/09/membangun-daerah-melalui-program-cerdas.html
true
521588651002690493
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy